Koperasi Pondok Pesantren (Kopontren) Al Muhajirin Kembangkan Inovasi Berbasis Digital

Koperasi Pondok Pesantren (Kopontren) Al Muhajirin Kembangkan Inovasi Berbasis Digital

PIKIRAN RAKYAT – Koperasi di pondok pesantren turut mendorong perekonomian masyarakat, khususnya para santri yang menjadi anggotanya. Koperasi tersebut memerlukan inovasi berbasis digital untuk menguatkan sistem keuangan dan pelayanannya.

Kebutuhan tersebut sekaligus menjadi tantangan bagi koperasi di setiap pondok pesantren. Hal itu diakui oleh pengurus Koperasi pondok pesantren Al Muhajirin Purwakarta pada Seminar Koperasi Kekinian di Era Milenial, Selasa 10 Maret 2020.

“Koperasi modern adalah koperasi yang sudah menggunakan aplikasi dalam menjalankan usahanya, Kopontren Al Muhajirin sedang menuju digitalisasi koperasi,” kata Ketua Koperasi tersebut, Amit Saepul Malik seusai acara.

Seminar tersebut diisi oleh pejabat pemerintah daerah maupun Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah. Salah satunya menghadirkan Asisten Deputi Tatalaksana Koperasi dan UKM, Hanafiah.

Sejak didirikan pada 1993, kopontren Al Muhajirin terus bertahan hingga saat ini. Jumlah anggota resminya tercatat mencapai hampir 500 orang dengan calon anggota dan potensi calon anggota hingga lebih dari 500 orang.

Amit menyebutkan, jumlah pendapatan bersih sebelum pajak di koperasi yang dipimpinnya mencapai Rp.186.658.000 pada 2019. Nilai tersebut naik dari tahun sebelumnya yang mendapatkan Rp.169.464.000.

Sistem pengelolaan yang sehat membuat kopontren Al Muhajirin mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak. “Kopontren Al Muhajirin diusulkan menjadi Koperasi Berprestasi tingkat Nasional Tahun 2020,” kata Amit menyebutkan salah satu apresiasi dari pemerintah.

Sebelumnya, koperasi tersebut memang beberapa kali mendapatkan prestasi di tingkat daerah. Salah satunya menjadi contoh dalam hal pemberdayaan warga pesantren dan masyarakat sekitarnya untuk mengembangkan usaha.

Namun, menurutnya, yang terpenting dari keberadaan koperasi tersebut ialah memberikan keuntungan nyata bagi para anggotanya. Seperti koperasi lain pada umumnya, kopontren Al Muhajirin juga melayani peminjaman bagi para anggota mereka.

Alih-alih untuk keperluan konsumtif, Amit lebih mengarahkan pinjaman berupa uang itu untuk keperluan modal usaha atau bisnis. “Harapannya anggota terbantu dan bisa mengembangkan usaha, baik sektor riil maupun usaha online,” ujarnya. ***

sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/ekonomi/pr-01349486/koperasi-pondok-pesantren-kopontren-al-muhajirin-kembangkan-inovasi-berbasis-digital

Leave a Reply

Your email address will not be published.




03
Agu
2021

Translate »