Indonesia adalah Negeri UMKM

Indonesia adalah Negeri UMKM

Gubernur Jawa Barat Bapak Ridwan Kamil menegaskan, Indonesia adalah negeri UMKM. Hampir 99% pelaku ekonomi di negeri ini adalah UMKM. “Satu tumbang maka akan tumbuh 1000 UMKM baru. Untuk itu cintai produk UMKM, berarti anda membela negeri ini,” kata Gubernur pada Jabar punya Informasi (Japri) Launching Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) di Jabar yang berlangsung selama bulan April 2021.

Hadir pula pada kegiatan Japri ini, Fiki Satari, Staf Ahli Menteri KUKM RI, Hera Kepala Kanwil BI Jawa Barat, Drs. Kusmana Hartadji. MM Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat.

Menurut RK, adanya pandemi covid 19 kelas ekonomi jadi dua yakni kelas menengah ke bawah yang lemah secara ekonomi dan menengah ke atas kelompok yang menahan diri untuk mengeluarkan uangnya. Oleh karena itu, kampanye Gernas BBI harus dilengkapi dengan slogan “Belanja Bela Negara” supaya kelompok menengah atas ini mau membeli dan menggunakan produk lokal atau UMKM dalam negeri.

Gernas BBI dan BWI bulan April 2021 dimana Jabar sebagai tuan rumah, maka selama bukan April 2021 kita akan dukung Belanja Bela Negara ada sekitar 15.000 pelaku UMKM yang terlibat dalam kegiatan ini dan 100 event kegiatan di Jabar untuk pengembangan UMKM mulai show case produk dan penjualan produk UMKM secara digital.

Sementara Fiki mengungkapkan, melalui kegiatan ini Kemenkop dan UKM RI mendorong pelaku UMKM onboarding digital. Jumlah UMKM di Indonesia hampir 64 juta unit namun yang sudah onboarding digital hanya 12 juta UMKM data Februari 2021. Jumlah itu naik signifikan karena pandemi covid 19, sebab awal 2020 jumlah UMKM yang digital hanya 2 juta UMKM.

Leave a Reply

Your email address will not be published.




08
Mei
2021

Translate »