DPRD DKI Jakarta: OPOP menjadi salah satu solusi dalam pemulihan ekonomi

DPRD DKI Jakarta: OPOP menjadi salah satu solusi dalam pemulihan ekonomi

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menerima kunjungan kerja Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat 28 Mei 2021.

Dalam pertemuan tersebut, Kang Emil –sapaan Ridwan Kamil– menyampaikan inovasi-inovasi Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar sebagai bahan studi banding Anggota DPRD DKI Jakarta. 

Sebelum ke Gedung Pakuan, Anggota DPRD DKI Jakarta melakukan kunjungan kerja ke Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Provinsi Jabar. Dalam kunjungan kerja tersebut, Anggota DPRD DKI Jakarta dan Dinas KUK membahas program OPOP yang menjadi salah satu unggulan Jabar dalam pemberdayaan ekonomi.

DPRD DKI Jakarta menilai program One Pesantren One Product (OPOP) Pemprov Jabar dapat menjadi salah satu solusi dalam pemulihan ekonomi pada masa pandemi covid saat ini. Program ini dinilai mampu menumbuhkan dan membangun enterpreneur-enterpreneur baru yang lahir dari pesantren.

Anggota DPRD DKI Jakarta Idris Ahmad mengatakan, pihaknya akan mengadopsi keberhasilan OPOP di Jabar untuk pemberdayaan UMKM di Jakarta. Menurutnya, ada program yang serupa dan siap dilaksanakan di Jakarta.

“Ingin belajar tentang pemberdayaan UMKM terutama di masa pandemi ini hingga masa recovery nanti. Kami melihat keberhasilan OPOP dan bisa juga dilaksanakan di Jakarta untuk berbagai komunitas berbeda,” ucapnya. 

Kepala Dinas KUK Provinsi Jawa Barat @tus_hartadji menjelaskan, adanya OPOP tidak saja ekonomi pesantren menjadi berkembang, namun berdampak pula pada ekonomi masyarakat disekitarnya.

Menurut Kusmana, OPOP mampu meningkatkan pemberdayaan ekonomi pesantren di Jabar. Di mana selama ini pembiayaan pesantren sangat mengandalkan bantuan dana waqaf, hibah pemerintah dan sumbangan orang tua. Namun kini pesantren sudah mampu menghasilkan pendapatan dan mandiri secara ekonomi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.




03
Agu
2021

Translate »